10 Tips Lulus SNBP/SNMPTN yang Bisa Kamu Coba

Tips Lulus SNBP/SNMPTN

Tips Lulus SNBP/SNMPTN berikut ini dapat membantu kamu supaya bisa ikut pendaftaran SNMPTN tahun ini dan lolos hingga perguruan tinggi negeri yang kamu inginkan. SNBP ini tentu saja berbeda dengan UTBK, kamu perlu persiapan agar bisa lolos SNMPTN.

Melalui jalur SNBP, kamu tidak perlu mengerjakan tes, seperti halnya UTBK-SNBK. Bukan hanya nilai lapor saja yang menjadi pertimbangan kamu diterima perguruan negeri tinggi. Supaya kamu lolos SNMPTN dan diterima perguruan tinggi negeri sesuai jurusan pilihan kamu, berikut tips yang dapat kamu lakukan:

Tips Lulus SNBP

Gali Informasi Mengenai SNBP

Sebelum kamu mendaftar pada jalur seleksi SNBP, sangat disarankan kamu mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai SNBP ini, mulai dari tanggal dibukanya pendaftaran, batas kuota penerimaan di kampus tujuan, website resmi pendaftaran dan lainnya.

Agar kamu tidak salah menerima informasi seputar SNBP, kamu dapat mencari informasi melalui website resminya https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Analisis Nilai Rapor

Tidak semua sekolah menyediakan fasilitas untuk menganalisa nilai rapor atau membantu siswa untuk memilih jurusan kuliah. Namun, kamu bisa menghitung nilai rapor kamu sendiri dengan menggunakan parameter yang telah ditentukan oleh Kemendikbud Ristek.

Jika grafik nilai rapor kamu stabil atau bahkan meningkat, peluang kamu lolos SNBP semakin besar.

Pilih Jurusan Sesuai Nilai Rapor

Setelah kamu tahu grafik nilai rapor kamu. Selanjutnya, kamu bisa memilih jurusan kuliah sesuai dengan nilai rapor. Ketika kamu mencari jurusan kuliah, disarankan kamu memilih lebih dari satu jurusan. Dengan begitu jika kamu tidak diterima di jurusan pilihanmu, kamu masih memiliki jurusan lainnya.

Baca Juga  Tujuan dan Manfaat Les Privat Terhadap Anak

Miliki Universitas Alternative

Ketika memilih Universitas, selain memilih lebih dari satu jurusan. Kami sarankan kamu tidak hanya memilih satu universitas saja. Alangkah baiknya kamu memiliki universitas alternative sebagai pilihan kamu.

Karena dengan peminat yang tinggi dan dengan kuota terbatas, peluang untuk diterima akan semakin kecil. Yang akan membuat kamu memilih jurusan lain. Namun, akan berbeda ketika kamu memiliki universitas opsional. Jika tidak diterima di universitas tujuan utama, kamu dapat mencoba di universitas lainnya dengan jurusan yang kamu inginkan.

Perbanyak Prestasi di Sekolah

Selain nilai rapor, kamu juga bisa memperbanyak prestasi kamu selama di sekolah. Seperti meningkatkan sertifat atau piagam, baik itu piagam akademik atau non akademik. Piagam tersebut akan menjadi poin tambahan dalam seleksi lulus SNBP. Apalagi jika kamu memiliki kelebihan dibidang tertentu, maka peluang kamu diterima semakin besar.

Miliki Portofolio yang Menarik

Ketika kamu mendaftar, sebaiknya kamu bawa semua sertifikat atau piagam yang kamu miliki. Biasanya panitia akan menanyakan dan meminta hal tersebut. Panitia seleksi tidak hanya fokus pada nilai rapor, tetapi ingin mengetahui se-aktif apa kamu di sekolah. Dengan adanya portofolio kamu akan menjadi lebih unggul dari peserta lainnya.

Catat Tanggal Penting Terkait Pelaksanaan SNBP

Tips Lulus berikutnya adalah mencatat tanggal penting yang berhubungan dengan SNBP. Yang wajib kamu catat itu seperti pengumuman kuota, Penutupan masa sanggah kuota, tanggal pembuatan akun pendaftaran, sampai Pengumuman Hasil SNBP.

Dengan mencatat tanggal penting tersebut, kamu tidak akan melawati hal-hal penting mengenai pelaksanaan SNBP. Pastikan kamu mengecek dan catat tanggal-tanggalnya.

Bertanya Kepada Senior atau Teman yang diterima SNBP

Persiapan lainnya yang bisa kamu lakukan dengan bertanya kepada senior atau teman yang diterima melalui jalur SNBP. Terutama yang diterima di universitas dan program studi yang sama dengan pilihan kamu.

Baca Juga  Cara Membuat Rangkuman Pelajaran yang Baik dan Benar

Kamu dapat bertanya mengenai cara belajar mereka, informasi tentang universitas tersebut atau bahkan bertanya mengenai peluang agar bisa diterima di universitas tersebut.

Jangan Ikut-ikutan Pilihan Teman

Memang lolos SNBP itu menyenangkan, apalagi jika lulus dengan temen dekat kamu di universitas yang sama. Namun, bagaimana jika temen kamu memilih universitas dan jurusan yang berbeda? pasti akan membuat kecewa, pilihannya yaitu apakah kamu yang ikut universitas pilihan teman kamu atau teman kamu yang ikut universitas pilihan kamu.

Pilihlah universitas dan jurusan sesuai dengan nilai rapor dan bakat kamu, jangan sampai kamu membuang masa kuliah kamu hanya untuk terus bersama teman kamu.

Minta Do’a dan Restu Ibu

Tips agar lolos SNBP terakhir adalah meminta do’a dan resti orang tua terutama ibu. Seperti yang kamu ketahui Ridho Allah SWT terletak di Ridho Ibu, jika ibu kamu mendo’akan bahkan meridhoi kamu agar diterima dan bisa berkuliah di universitas pilihan kamu. Insya Allah peluang kamu diterima semakin besar.

Itulah 10 Tips Lulus SNBP yang Bimbingan Belajar bagikan. Semoga tips tersebut dapat membantu kamu agar lolos SNBP di Perguruan Tinggi Negeri impian kamu.

Bimbingan Belajar
Bimbingan Belajar akan selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat untuk pembaca siapapun dan dimanapun engkau berada.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *