10 Jurusan Sepi Peminat di UPN Surabaya

Jurusan Sepi Peminat di UPN Surabaya

Jurusan Sepi Peminat di UPN Surabaya – Bimbingan Belajar. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Surabaya. UPN Surabaya memiliki 8 fakultas dan 38 program studi, baik jenjang S1 maupun S2. Selain itu, UPN Surabaya juga dikenal sebagai kampus bela negara yang mengedepankan nilai-nilai patriotisme, nasionalisme, dan profesionalisme.

Namun, tidak semua jurusan di UPN Surabaya memiliki daya tarik yang sama bagi calon mahasiswa. Ada beberapa jurusan yang kurang diminati atau sepi peminat, baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun mandiri. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya informasi, persaingan yang ketat, prospek kerja yang kurang menjanjikan, atau minat yang rendah.

Berikut ini adalah 10 jurusan sepi peminat di UPN Surabaya, berdasarkan data daya tampung dan peminat SBMPTN 2022 yang diambil dari laman sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

Jurusan Sepi Peminat di UPN Surabaya

1. Teknik Mesin

Teknik Mesin adalah jurusan yang mempelajari tentang perancangan, pembuatan, pengoperasian, dan perawatan mesin dan alat-alat mekanik. Lulusan Teknik Mesin bisa bekerja di berbagai sektor industri, seperti otomotif, manufaktur, konstruksi, energi, pertambangan, dan lain-lain.

Meskipun demikian, jurusan Teknik Mesin di UPN Surabaya tampaknya kurang menarik minat calon mahasiswa. Pada SBMPTN 2022, jurusan ini hanya memiliki 42 kursi, dengan jumlah peminat sebanyak 372 orang. Hal ini berarti persentase peminat terhadap daya tampung hanya sekitar 886%. Padahal, rata-rata persentase peminat terhadap daya tampung untuk jurusan Saintek di UPN Surabaya adalah sekitar 1.000%.

Salah satu alasan yang mungkin menyebabkan jurusan Teknik Mesin sepi peminat adalah karena kurangnya informasi tentang peluang kerja dan kemampuan yang dibutuhkan. Banyak calon mahasiswa yang menganggap bahwa jurusan Teknik Mesin hanya berkaitan dengan mesin-mesin besar dan berisik, padahal sebenarnya jurusan ini juga meliputi bidang-bidang seperti robotika, mekatronika, nanoteknologi, dan biomimetik.

Selain itu, jurusan Teknik Mesin juga membutuhkan keahlian matematika, fisika, dan komputer yang tinggi, serta keterampilan praktik dan analitis yang baik. Hal ini mungkin membuat calon mahasiswa merasa kurang percaya diri atau tertantang untuk memilih jurusan ini.

2. Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual adalah jurusan yang mempelajari tentang cara mengkomunikasikan pesan, ide, atau informasi melalui media visual, seperti gambar, grafik, tipografi, video, animasi, dan lain-lain. Lulusan Desain Komunikasi Visual bisa bekerja di berbagai bidang, seperti periklanan, penerbitan, media massa, desain web, desain game, dan lain-lain.

Akan tetapi, jurusan Desain Komunikasi Visual di UPN Surabaya juga termasuk jurusan sepi peminat. Pada SBMPTN 2022, jurusan ini memiliki 72 kursi, dengan jumlah peminat sebanyak 393 orang. Hal ini berarti persentase peminat terhadap daya tampung hanya sekitar 546%. Padahal, rata-rata persentase peminat terhadap daya tampung untuk jurusan Soshum di UPN Surabaya adalah sekitar 1.000%.

Salah satu alasan yang mungkin menyebabkan jurusan Desain Komunikasi Visual sepi peminat adalah karena persaingan yang ketat. Untuk memilih jurusan ini, calon mahasiswa harus memiliki portofolio seni rupa, desain, atau kriya yang berkualitas. Selain itu, calon mahasiswa juga harus mengikuti tes keterampilan dan wawancara yang menilai kemampuan kreatif, artistik, dan komunikatif mereka.

Di samping itu, jurusan Desain Komunikasi Visual juga membutuhkan biaya yang besar, baik dalam hal kuliah, alat, maupun waktu. Calon mahasiswa harus siap untuk mengeluarkan uang untuk membeli perangkat lunak, kamera, printer, dan bahan-bahan desain lainnya. Selain itu, calon mahasiswa juga harus siap untuk menghabiskan waktu untuk membuat proyek-proyek desain, baik individu maupun kelompok, yang seringkali membutuhkan perbaikan dan kritik.

Baca Juga  10 Universitas Swasta Terbaik di Bandung

3. Sains Data

Sains Data adalah jurusan yang mempelajari tentang cara mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data besar (big data) dengan menggunakan metode statistik, matematik, komputer, dan ilmu pengetahuan lainnya. Lulusan Sains Data bisa bekerja di berbagai sektor, seperti bisnis, pemerintahan, kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.

Namun demikian, jurusan Sains Data di UPN Surabaya juga merupakan jurusan sepi peminat. Pada SBMPTN 2022, jurusan ini memiliki 52 kursi, dengan jumlah peminat sebanyak 412 orang. Hal ini berarti persentase peminat terhadap daya tampung hanya sekitar 792%. Padahal, rata-rata persentase peminat terhadap daya tampung untuk jurusan Saintek di UPN Surabaya adalah sekitar 1.000%.

Salah satu alasan yang mungkin menyebabkan jurusan Sains Data sepi peminat adalah karena kurangnya informasi dan kesadaran tentang pentingnya jurusan ini. Banyak calon mahasiswa yang belum mengetahui apa itu sains data, apa saja yang dipelajari, dan apa saja yang bisa dilakukan dengan sains data. Padahal, sains data adalah salah satu bidang yang sedang berkembang pesat dan memiliki peluang kerja yang cerah di era digital ini.

Selain itu, jurusan Sains Data juga membutuhkan keahlian matematika, statistik, dan komputer yang tinggi, serta keterampilan analitis dan logis yang baik. Hal ini mungkin membuat calon mahasiswa merasa kurang tertarik atau siap untuk memilih jurusan ini.

4. Pariwisata

Pariwisata adalah jurusan yang mempelajari tentang cara mengelola dan mengembangkan industri pariwisata, baik dari segi produk, jasa, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, maupun lingkungan. Lulusan Pariwisata bisa bekerja di berbagai bidang, seperti hotel, restoran, biro perjalanan, maskapai penerbangan, dan lain-lain.

Namun demikian, jurusan Pariwisata di UPN Surabaya juga termasuk jurusan sepi peminat. Pada SBMPTN 2022, jurusan ini memiliki 40 kursi, dengan jumlah peminat sebanyak 478 orang. Hal ini berarti persentase peminat terhadap daya tampung hanya sekitar 1.195%. Padahal, rata-rata persentase peminat terhadap daya tampung untuk jurusan Soshum di UPN Surabaya adalah sekitar 1.000%.

Salah satu alasan yang mungkin menyebabkan jurusan Pariwisata sepi peminat adalah karena dampak pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan penurunan drastis dalam jumlah wisatawan, baik domestik maupun internasional, yang berdampak pada menurunnya permintaan dan pendapatan industri pariwisata. Hal ini mungkin membuat calon mahasiswa merasa khawatir atau ragu untuk memilih jurusan ini.

Di samping itu, jurusan Pariwisata juga membutuhkan kemampuan bahasa asing, komunikasi, dan interpersonal yang baik, serta keterampilan adaptasi dan inovasi yang tinggi. Hal ini mungkin membuat calon mahasiswa merasa kurang memiliki bakat atau minat untuk memilih jurusan ini.

5. Ekonomi Pembangunan

Ekonomi Pembangunan adalah jurusan yang mempelajari tentang cara mendorong dan mengukur pertumbuhan ekonomi suatu negara atau daerah, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti sumber daya, pendapatan, kemiskinan, ketimpangan, kesejahteraan, dan lingkungan. Lulusan Ekonomi Pembangunan bisa bekerja di berbagai bidang, seperti pemerintahan, lembaga keuangan, lembaga penelitian, organisasi non-pemerintah, dan lain-lain.

Akan tetapi, jurusan Ekonomi Pembangunan di UPN Surabaya juga termasuk jurusan sepi peminat. Pada SBMPTN 2022, jurusan ini memiliki 40 kursi, dengan jumlah peminat sebanyak 489 orang. Hal ini berarti persentase peminat terhadap daya tampung hanya sekitar 1.222%. Padahal, rata-rata persentase peminat terhadap daya tampung untuk jurusan Soshum di UPN Surabaya adalah sekitar 1.000%.

Salah satu alasan yang mungkin menyebabkan jurusan Ekonomi Pembangunan sepi peminat adalah karena kurangnya minat dan pemahaman tentang jurusan ini. Banyak calon mahasiswa yang menganggap bahwa jurusan Ekonomi Pembangunan hanya berkaitan dengan angka-angka, rumus-rumus, dan grafik-grafik yang membosankan, padahal sebenarnya jurusan ini juga melibatkan aspek-aspek sosial, politik, budaya, dan etika yang menarik.

Baca Juga  10 Universitas yang Memiliki Jurusan Pertanian Terbaik

Selain itu, jurusan Ekonomi Pembangunan juga membutuhkan keahlian matematika, statistik, dan ekonomi yang baik, serta keterampilan analitis dan kritis yang tinggi. Hal ini mungkin membuat calon mahasiswa merasa kurang memiliki bakat atau motivasi untuk memilih jurusan ini.

6. Teknik Pertambangan

Teknik Pertambangan adalah jurusan yang mempelajari tentang cara mengeksplorasi, mengekstraksi, memproses, dan memanfaatkan bahan galian, seperti batubara, minyak, gas, logam, dan mineral. Lulusan Teknik Pertambangan bisa bekerja di berbagai sektor, seperti pertambangan, energi, konstruksi, lingkungan, dan lain-lain.

Namun, jurusan Teknik Pertambangan di UPN Surabaya juga merupakan jurusan sepi peminat. Pada SBMPTN 2022, jurusan ini memiliki 40 kursi, dengan jumlah peminat sebanyak 495 orang. Hal ini berarti persentase peminat terhadap daya tampung hanya sekitar 1.237%. Padahal, rata-rata persentase peminat terhadap daya tampung untuk jurusan Saintek di UPN Surabaya adalah sekitar 1.000%.

Salah satu alasan yang mungkin menyebabkan jurusan Teknik Pertambangan sepi peminat adalah karena kurangnya informasi dan kesadaran tentang pentingnya jurusan ini. Banyak calon mahasiswa yang belum mengetahui apa itu teknik pertambangan, apa saja yang dipelajari, dan apa saja yang bisa dilakukan dengan teknik pertambangan. Padahal, teknik pertambangan adalah salah satu bidang yang memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, jurusan Teknik Pertambangan juga membutuhkan kemampuan matematika, fisika, kimia, dan geologi yang tinggi, serta keterampilan praktik dan teknis yang baik. Hal ini mungkin membuat calon mahasiswa merasa kurang tertarik atau siap untuk memilih jurusan ini.

7. Ilmu Administrasi Negara

Ilmu Administrasi Negara adalah jurusan yang mempelajari tentang cara mengelola dan mengembangkan organisasi pemerintahan, baik pusat maupun daerah, dengan mempertimbangkan aspek-aspek seperti kebijakan, manajemen, hukum, politik, dan etika. Lulusan Ilmu Administrasi Negara bisa bekerja di berbagai bidang, seperti pemerintahan, lembaga publik, organisasi non-pemerintah, dan lain-lain.

Namun, jurusan Ilmu Administrasi Negara di UPN Surabaya juga termasuk jurusan sepi peminat. Pada SBMPTN 2022, jurusan ini memiliki 40 kursi, dengan jumlah peminat sebanyak 509 orang. Hal ini berarti persentase peminat terhadap daya tampung hanya sekitar 1.272%. Padahal, rata-rata persentase peminat terhadap daya tampung untuk jurusan Soshum di UPN Surabaya adalah sekitar 1.000%.

Salah satu alasan yang mungkin menyebabkan jurusan Ilmu Administrasi Negara sepi peminat adalah karena kurangnya minat dan pemahaman tentang jurusan ini. Banyak calon mahasiswa yang menganggap bahwa jurusan Ilmu Administrasi Negara hanya berkaitan dengan birokrasi, aturan-aturan, dan dokumen-dokumen yang kaku. Namun, sebenarnya jurusan ini juga melibatkan aspek-aspek dinamis, inovatif, dan partisipatif yang menantang.

Oleh karena itu, calon mahasiswa perlu mengetahui lebih banyak tentang jurusan Ilmu Administrasi Negara, seperti apa saja yang dipelajari, apa saja yang bisa dilakukan, dan apa saja manfaatnya bagi masyarakat. Selain itu, jurusan Ilmu Administrasi Negara juga membutuhkan kemampuan hukum, politik, dan sosial yang baik, serta keterampilan komunikasi dan kepemimpinan yang tinggi. Hal ini mungkin membuat calon mahasiswa merasa lebih tertarik dan siap untuk memilih jurusan ini.

8.Teknik Geologi

Teknik Geologi adalah jurusan yang mempelajari tentang cara memahami dan memanfaatkan struktur, komposisi, dan proses geologi bumi, seperti gempa, gunung berapi, erosi, endapan, dan lain-lain. Lulusan Teknik Geologi bisa bekerja di berbagai sektor, seperti pertambangan, energi, konstruksi, lingkungan, dan lain-lain.

Namun, jurusan Teknik Geologi di UPN Surabaya juga merupakan jurusan sepi peminat. Pada SBMPTN 2022, jurusan ini memiliki 40 kursi, dengan jumlah peminat sebanyak 512 orang. Hal ini berarti persentase peminat terhadap daya tampung hanya sekitar 1.280%. Padahal, rata-rata persentase peminat terhadap daya tampung untuk jurusan Saintek di UPN Surabaya adalah sekitar 1.000%.

Salah satu alasan yang mungkin menyebabkan jurusan Teknik Geologi sepi peminat adalah karena kurangnya informasi dan kesadaran tentang pentingnya jurusan ini. Banyak calon mahasiswa yang belum mengetahui apa itu teknik geologi, apa saja yang dipelajari, dan apa saja yang bisa dilakukan dengan teknik geologi. Padahal, teknik geologi adalah salah satu bidang yang memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian dan keamanan bumi.

Baca Juga  20 Jurusan Sepi Peminat di Universitas Negeri Malang (UM)

Selain itu, jurusan Teknik Geologi juga membutuhkan kemampuan matematika, fisika, kimia, dan biologi yang tinggi, serta keterampilan lapangan dan laboratorium yang baik. Hal ini mungkin membuat calon mahasiswa merasa kurang tertarik atau siap untuk memilih jurusan ini.

9. Ilmu Hubungan Internasional

Ilmu Hubungan Internasional adalah jurusan yang mempelajari tentang cara memahami dan mengelola hubungan antara negara-negara, baik dalam hal politik, ekonomi, sosial, budaya, maupun keamanan. Lulusan Ilmu Hubungan Internasional bisa bekerja di berbagai bidang, seperti diplomasi, perdagangan, kerjasama, konflik, dan lain-lain.

Namun, jurusan Ilmu Hubungan Internasional di UPN Surabaya juga termasuk jurusan sepi peminat. Pada SBMPTN 2022, jurusan ini memiliki 40 kursi, dengan jumlah peminat sebanyak 518 orang. Hal ini berarti persentase peminat terhadap daya tampung hanya sekitar 1.295%. Padahal, rata-rata persentase peminat terhadap daya tampung untuk jurusan Soshum di UPN Surabaya adalah sekitar 1.000%.

Salah satu alasan yang mungkin menyebabkan jurusan Ilmu Hubungan Internasional sepi peminat adalah karena persaingan yang ketat. Untuk memilih jurusan ini, calon mahasiswa harus memiliki kemampuan bahasa asing, pengetahuan umum, dan wawasan global yang luas. Hal ini mungkin membuat calon mahasiswa merasa kurang percaya diri atau bersaing untuk memilih jurusan ini.

Oleh karena itu, calon mahasiswa perlu mengetahui lebih banyak tentang jurusan Ilmu Hubungan Internasional, seperti apa saja yang dipelajari, apa saja yang bisa dilakukan, dan apa saja tantangan dan peluangnya di era globalisasi. Selain itu, jurusan Ilmu Hubungan Internasional juga membutuhkan kemampuan politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang baik, serta keterampilan komunikasi dan negosiasi yang tinggi. Hal ini mungkin membuat calon mahasiswa merasa lebih tertarik dan siap untuk memilih jurusan ini.

10. Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan adalah jurusan yang mempelajari tentang cara mengelola dan mengatasi masalah-masalah lingkungan, seperti pencemaran, perubahan iklim, limbah, energi terbarukan, dan lain-lain. Lulusan Teknik Lingkungan bisa bekerja di berbagai sektor, seperti pemerintahan, industri, konsultan, lembaga penelitian, dan lain-lain.

Namun, jurusan Teknik Lingkungan di UPN Surabaya juga merupakan jurusan sepi peminat. Pada SBMPTN 2022, jurusan ini memiliki 40 kursi, dengan jumlah peminat sebanyak 522 orang. Hal ini berarti persentase peminat terhadap daya tampung hanya sekitar 1.305%. Padahal, rata-rata persentase peminat terhadap daya tampung untuk jurusan Saintek di UPN Surabaya adalah sekitar 1.000%.

Salah satu alasan yang mungkin menyebabkan jurusan Teknik Lingkungan sepi peminat adalah karena kurangnya informasi dan kesadaran tentang pentingnya jurusan ini. Banyak calon mahasiswa yang belum mengetahui apa itu teknik lingkungan, apa saja yang dipelajari, dan apa saja yang bisa dilakukan dengan teknik lingkungan. Padahal, teknik lingkungan adalah salah satu bidang yang memiliki peran vital dalam menjaga keseimbangan dan keberlanjutan lingkungan.

Selain itu, jurusan Teknik Lingkungan juga membutuhkan kemampuan matematika, fisika, kimia, dan biologi yang tinggi, serta keterampilan praktik dan analitis yang baik. Hal ini mungkin membuat calon mahasiswa merasa kurang tertarik atau siap untuk memilih jurusan ini.

Penutup

Demikianlah 10 jurusan sepi peminat di UPN Surabaya. Meskipun jurusan-jurusan ini kurang diminati, bukan berarti jurusan-jurusan ini tidak memiliki kualitas atau prospek yang baik. Justru sebaliknya, jurusan-jurusan ini memiliki potensi dan peluang yang besar, asalkan calon mahasiswa memiliki minat, bakat, dan motivasi yang kuat untuk mengembangkan diri dan berkontribusi di bidangnya.

Oleh karena itu, jika Anda tertarik dengan salah satu jurusan sepi peminat di UPN Surabaya, jangan ragu untuk memilihnya. Tetapi, pastikan Anda sudah mempertimbangkan dengan matang tentang apa yang Anda inginkan, apa yang Anda butuhkan, dan apa yang Anda bisa lakukan dengan jurusan tersebut. Selamat memilih jurusan dan semoga sukses!

Jurusan Sepi Peminat di UPN Surabaya
Next Post

No more post

Bimbingan Belajar
Bimbingan Belajar akan selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat untuk pembaca siapapun dan dimanapun engkau berada.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *